Archive

Archive for July, 2011

Marhaban Ya Ramadhan

July 31, 2011 Leave a comment

Apa terpikir oleh kita setelah membaca judul postingan kali ini? Bulan Puasa? Bulan penuh keberkahan? Seharusnya sebagai seorang muslim/muslimah, yang terpikir oleh kita pertama kali adalah kegembiraan menyambut bulan yang suci ini. Sayangnya yang terpikirkan saya pertama kali bukanlah kegembiraan, tetapi “sudah mau bulan puasa lagi?”. Pertanyaan tersebut muncul di pikiran saya karena saya merasa bahwa waktu berjalan sangat cepat. Sepertinya hanya beberapa bulan yang lalu saya merayakan Idul Fitri, yang waktu itu saya beserta keluarga memutuskan untuk tidak mudik. Kalo yang pernah saya dengar sih kalo dunia sudah mendekati akhir, manusia akan merasa waktu berjalan dengan sangat cepat. Lalu saya mencoba sedikit percobaan saat menulis postingan ini dengan melihat jarum detik pada jam di kamar saya selama 2 menitan. Bisakah anda tebak apa yang saya pikirkan waktu itu? Bukannya saya berpikir “wah capek juga ngeliat jarum detik di jam selama 2 menit”, tapi justru “gile, ini jarum detik jalannya kenceng banget.” 😀
Read more…

Categories: Celotehan, Islam

Menulis Source Code Pada Wordpress dengan Bantuan Notepad++

July 31, 2011 5 comments

Sekarang sudah terdapat tag <sourcecode> pada wordpress hanya saja tag tersebut tidak support semua bahasa pemrograman. Akhirnya sempet juga saya nulis gimana caranya bikin tampilan kodingan yang terlihat menarik tanpa bantuan plugin wordpress tanpa susah payah untuk bahasa yang tidak di-support oleh tag <sourcecode>misal VHDL. Sebelumnya mungkin anda mesti nyoba dulu menuliskan source code pada wordpress dan lihat apa hasilnya pada tampilan postingan anda. Sebelum saya cerita gimana caranya, saya masih pengen basa –basi dulu (buat yang males baca silahkan di-skip aja, cari bagian Langkah2 di bawah). Pertama, kalo nulis tanda “<” dan pasangannya di bagian nulis HTML-nya, tanda itu bisa langsung ngilang (WTH!!). Selain itu kita harus memberikan snippet <code> dan pasangannya </code> untuk setiap tulisan source code agar tampilan terlihat seperti source code. And the most annoying part, yaitu bagian tabulasi, silahkan anda mencoba untuk membuat tab pada source code. Kalo di tempat saya akan selalu gagal (kecuali anda udah tau tag <pre> pada HTML). Kebayang kalo anda mau nulis source code bahasa python, bisa nangis darah kalo gak tau caranya bikin tab di postingan =_=
Read more…

Categories: Perl, Programming, Tips

Music.pl – Pencari file music yang sama

July 29, 2011 9 comments

Suatu hari teman kosan saya punya ide menarik pas saya lagi males ngerjain tugas akhir. Dia pengen suatu program yang bisa nge-list semua lagu2 mp3 atau format sejenisnya yang sebenarnya sama filenya cuman berada di folder2 yang berbeda. Cerita awalnya kan waktu itu lagi ngobrol2 (bertiga) ngebandingin space harddisk yang dipake cuman buat audio. Nah salah satu temen kosan saya bilang kalo sebenernya sih ada banyak file2 yang ngedobel2, cuman karena file-nya udah kelewat banyak jadi susah kalo dicariin satu2. Nah muncullah ide buat program yang satu ini. Intinya program ini nanti memberikan keluaran file List.txt yang isinya daftar2 file yang diekspektasi sama beserta letak directory-nya. Kalo kita liat source code-nya disana tertulis v1.02, jangan terlalu diperhatiin juga sih sebenernya, tapi buat informasi aja:
Read more…

Categories: Music, Perl, Programming

Hello world!

July 25, 2011 Leave a comment

Setelah melihat kedua kata di judul apa yang terpikir dalam pikiran kita? Kalo di film spogebob seringnya kan kita denger “Selamat pagi dunia, aku siaap!”. Pada beberapa orang Indonesia mungkin gak biasa dengan dua kata tadi, berbeda dengan orang yang baru belajar bahasa programming tertentu. Bahkan kalo kita lihat, hampir semua buku yang menjelaskan “programming language” memberikan “Hello World!” di awal – awal. Dilihat pada aspek programming sendiri terdapat banyak sekali “bahasa”, yang sebenarnya intinya satu, yaitu membuat suatu program. Sesuai dengan judul yaitu “Hello World!”, saya mencoba untuk menulis beberapa program dalam beberapa bahasa pemrograman yang saya tau, walaupun kesemua bahasa itu hanya sekedar tau aja sih

Bahasa C

#include <stdio.h>
int main()
{
    printf ("Hello World!\n");
    return 0;
}

Read more…

Categories: C, Code, Java, Perl, Programming, Python