Home > C, Code, Java, Perl, Programming, Python > Hello world!

Hello world!

Setelah melihat kedua kata di judul apa yang terpikir dalam pikiran kita? Kalo di film spogebob seringnya kan kita denger “Selamat pagi dunia, aku siaap!”. Pada beberapa orang Indonesia mungkin gak biasa dengan dua kata tadi, berbeda dengan orang yang baru belajar bahasa programming tertentu. Bahkan kalo kita lihat, hampir semua buku yang menjelaskan “programming language” memberikan “Hello World!” di awal – awal. Dilihat pada aspek programming sendiri terdapat banyak sekali “bahasa”, yang sebenarnya intinya satu, yaitu membuat suatu program. Sesuai dengan judul yaitu “Hello World!”, saya mencoba untuk menulis beberapa program dalam beberapa bahasa pemrograman yang saya tau, walaupun kesemua bahasa itu hanya sekedar tau aja sih

Bahasa C

#include <stdio.h>
int main()
{
    printf ("Hello World!\n");
    return 0;
}


Bahasa Java

public class hello {
    public static void main(String[] args){
        System.out.println("Hidup World!");
    }
}

Bahasa Perl

#!C:\perl\bin\perl -w
use strict;
print "Hello World\n";

Bahasa Python

#!/usr/bin/python
print "Hello World!"

BLOODY HELL!! Saya menghabiskan sekitar 1 jam lebih untuk mendapatkan tampilan kodingan seperti di atas. Maklum nih wordpress bukan hostingan saya sendiri jadi alias yang free, nyariin plugin kok gak ada sampe akhirnya nyobain mencoba berbagai macam cara dan akhirnya berhasil juga (yeah!). Sebelum ngebahas tuh program2, kalo ngeliat warna source di atas pasti ada beberapa orang yang ngerasa wah kenal nih tulisan dengan warna2 seperti ini. Yup, saya menggunakan notepad++ serta sedikit program kecil sehingga menghasilkan tulisan source code seperti itu. Untuk detail cara bikinnya mungkin di postingan yang lain aja dulu ya kalo2 ada yang berminat😀

Bahasa yang pertama saya berikan adalah bahasa pemrograman yang paling umum digunakan oleh banyak orang, sedangkan dua bahasa yang terakhir mungkin ada beberapa orang yang baru denger bahasa tersebut. Dua bahasa yang terakhir biasa dikenal dengan “scripting language”, walaupun saya belum tau benar apa artinya, yang jelas pada dua bahasa tadi kita mengenal yang namanya interpreter, beda dengan program yang dikompilasi. Apa sebenarnya interpreter itu sendiri, cari tau sendiri aja kali ya, daripada post pertama menjadi terlalu teknis ^_^

Menurut saya semua bahasa memiliki keunggulan masing, dan mungkin orang lain punya penilaian masing – masing, menurut saya bahasa C baik dalam efektivitas program yang akan dihasilkan, kita bisa membuat program yang berjalan lebih cepat daripada program dengan bahasa yang lain. Java sangat enak bila kita menggunakan konsep OOP dibandingkan bahasa lain, atau mungkin karena saya lebih biasa menggunakan bahasa Java dalam OOP. Sisanya scripting language yaitu python dan perl, keduanya sangat berguna saat aplikasi text processing. Tapi bila kita sudah biasa dengan bahasa C maka perl lah yang jadi pilihan kita, struktur yang mirip bahasa C sehingga lebih mudah dipelajari, tambahan aja interpreter perl sendiri dibuat dengan bahasa C. Ini bukan berarti python tidaklah bagus, python memiliki kelebihan OOP yang menurut saya jauh bila dibandingkan perl. Kalo gak salah emang python dari awal diperuntukkan untuk programming object. Menurut saya sendiri yang udah mulai terbiasa dengan bahasa C, bahasa python sedikit unik saat dipelajari, walaupun mungkin jadi susah dipelajar bagi yang sudah terbiasa bahasa C, tapi jangan salah, pengguna bahasa ini juga tidaklah sedikit.

Seperti yang teman saya bilang bahasa apapun sebenarnya tidak masalah, yang penting bagaimana kita bisa mengungkapkan program yang kita inginkan menjadi baris – baris code yang efektif. Sepertinya menjadi suatu kesalahan saya mengisi postingan pertama saya dengan yang beginian padahal isi dari blog ini tidaklah berisi dengan tutorial pemrograman karena saya sendiri masih belajar. Akan tetapi, semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua😀

Categories: C, Code, Java, Perl, Programming, Python
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

