Home > Code, Java, Programming > Pengalaman Belajar J2ME

Pengalaman Belajar J2ME

Seperti biasa, saya ingin bercerita banyak. Suatu hari saya diajakin temen saya buat mampir ke toko buku entah apa namanya, soalnya saya udah lupa, yang jelas bukan gramedia. Temen saya pengen beli novel di toko buku tersebut, nah daripada saya gak jelas ya nyobain liat2 di bagian ”Computer”. Gak sengaja ngeliat ada buku yang judulnya “Pemrograman J2ME” dengan judul tambahan “Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile”. Tanpa ragu dan pikir2 langsung saya bawa tuh buku sampe kasir. Yang jelas karena ada potongan harga seinget saya harganya gak nyampe 30K. Setelah saya nyampe di kosan, saya cuman liat2 sekilas, karena waktu itu belum terlalu pengen baca tuh buku, dan ada buku laen yang lebih menarik waktu itu (pas di toko itu saya beli 3 buku soalnya :p)

Awalnya saya cuman baca teori simpelnya aja, ada yang namanya CLDC ama CDC. Cuman yang bener2 saya tangkep yang bagian MIDP, yang nantinya bakal dibikin aplikasi yang namanya MIDlet, habis gak saya terusin lagi bacanya. Mungkin sekitar 2 bulan setelah buku itu dibeli, baru saya sempet buat lanjutin bacanya. Tentunya kita pengen nyobain source code yang kita buat, makanya saya mulai nyari software yang ngedukung nih J2ME, di bukunya pake program emulator yang namanya J2ME Wireless Toolkit. Karena di kosan saya gak ada akses internet yang sakti akhirnya saya memutuskan untuk donlot softwarenya keesokan harinya di kampus. Keesokan harinya, saya mendapatkan bahwa nih program udah termasuk program jadul, link dari web java.sun.com pun udah gak ada (padahal di bukunya dibilang donlot disana), nah karena pengen ngikutin apa yang ada di buku, saya nyoba nyari di tempat laen.

Setelah gugling2, akhirnya J2ME WTK alias J2ME Wireless Toolkit berhasil di-download. Langsung aja saya install deh, begitu install saya langsung berpikir dalam hati “wew, ini program jadul banget, installnya masih ada background biru-nya kayak program2 jadul”. Selesai di-install pun ternyata begitu dijalanin, programnya protes kalo skin Aero gak bisa dipake dan pake tampilan jadul (“Alamak” pikir saya waktu itu). Lalu saya cek buku saya dan ternyata emang bener ini buku udah terbitan 2008, pantes aja waktu itu diskonnya gila2an. Akhirnya saya uninstall program J2ME WTK tadi. Kemudian saya mencari program yang mungkin jadi penggantinya di webnya Sun. Usut punya usut akhirnya dapet juga program yang saya cari yaitu “Java(TM) Platform, Micro Edition Software Development Kit 3.0”. Begitu saya install dan “wow”, tampilan emulatornya lebih keren. Begitu nyoba ada tawaran buat bikin program “Hello World”. Begitu saya liat “Lho, ini kok pake import2 library yang gak dipake di buku”, nama Library-nya LWUIT alias LightWeight User Interface Toolkit.

“Apaan nih”, pikir saya, saya gugling2 dapat LWUIT Developer Guide. Setelah dibaca2 wah beda banget ama yang ada di buku yang saya punya, mungkin karena bukunya emang udah lama. Akhirnya buku yang saya beli saya tinggalkan dan coba belajar dari pdf-nya LWUIT Developer Guide. Habis baca2, hmmm dengan pake LWUIT bikin program jadi lebih gampang, tapi setelah beberapa bagian ke belakang kok gak ngerti2 ya, dan akhirnya saya berhenti baca LWUIT lalu balik lagi baca buku yang saya beli waktu itu. Saya baca2 sambil bikin simulasi programnya, dan ternyata walaupun bukunya lama yang penting lebih enak buat dipahamin. Intinya yang kita perlu tahu, kita mesti bikin MIDlet nya dengan extends dari kelas MIDlet yang udah ada di Library javax.microedition.midlet.*, trus bikin Displayable-nya ntah itu dari kelas abstrak Screen atau Canvas.

Saya baca tuh buku sampai akhirnya bagian RMS (Record Management System), yang intinya berguna sebagai penyimpan data (record). Bab selanjutnya yaitu koneksi, tapi tiba2 saya sudah tidak bersemangat lagi untuk meneruskan mempelajarinya, karena mulai berpikir kayaknya mending saya belajar Android yang mungkin ke depannya lebih punya masa depan yang lebih cerah, dan akhirnya saya berhenti membaca buku tadi. Mungkin sebagai kenangan atau hadiah bagi anda yang udah rela baca nih postingan gak jelas, saya mau bagi2 program MIDlet yang terakhir saya buat, walaupun sebenarnya programnya cuman edit2 dari program yang dicontohin di buku juga sih.

MIDlet yang saya mau bagiin itu program yang sederhana, berguna sebagai penyimpan data text entah apapun yang mau anda isi, akan tetapi untuk membukanya anda perlu memasukkan pin terlebih dahulu. Programnya terdiri dari 1 class MIDlet yang bernama SecretData, class Login yang memberikan display untuk mengecek pin yang dimasukkan benar atau tidak, class Save yang menangani RMS dan membuat RecordStore dan yang terakhir class InputData yang menampilkan TextField yang diisi dengan data penggguna.

Setelah kita install program ini (link download .jar-nya, udah saya coba di hape saya juga yang pake Symbian OS), nanti akan diberikan tampilan untuk meminta PIN yang akan kita gunakan seterusnya, setelah itu akan ditampilkan TextField untuk kita isi dengan data tertentu, lalu untuk menyimpannya tekan tombol Save, setelah itu kita bisa keluar dari program ini dengan menekan tombol Exit. Ketika kita jalankan dan masukkan pin yang sebelumnya, maka data yang disimpan sebelumnya akan dimunculkan kembali.

Mungkin sudah sangat panjang postingan kali ini dan terima kasih buat anda yang sudah membaca sebanyak ini, bagi siapapun yang mau ngedit kodingannya terserah saja, toh saya juga ngedit dari contoh yang dikasih di buku. Mudah2an niat saya buat belajar Android kesampaian dan ada waktu buat mempelajarinnya. Semoga postingan ini bermanfaat😀

Categories: Code, Java, Programming
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: