Home > Celotehan, Game > Pokemon Part II

Pokemon Part II

Banyak hal yang sudah berlalu seperti tugas KI, pulang kampong dan lain2, akhirnya nyempetin juga nulis bagian kedua dari pengalaman maen pokemon yang sebelumnya. Kalo diliat akhir postingan sebelumnya mentok sampe pemakaian rare candy. Semua terlihat indah sampe akhirnya saya memahami beberapa isitilah seperti Base Stats, DV, dan EV. Base stats yah seperti namanya berarti statistik tenaga awal pokemon (kalo di yellow itu attack, defend, special, ama speed). DV itu determinant values, dan ternyata setiap pokemon punya DV masing2, dan efeknya lumayan ketika pokemon mencapai level 100, perbedaan antara yang punya DV maksimal ama DV minimal bisa mencapai 30 points (wew!!). Sempet nyobain beberapa cara untuk menemukan alokasi memory yang nyimpen angka DV, cuman karena besar DV-nya aja gak tahu, akhirnya gagal menemukan DV tadi. Lepas dari DV ada juga yang namanya EV atau experience values. Nah intinya aja (males ngejelasin :p), kalo kita leveling secara normal dan dibandingin ama naikin level pake rare candy, stats-nya bisa beda jauh. Sama halnya kayak DV, nyari alokasi alamat buat EV juga susah akhirnya gak diterusin.

Akhirnya setelah tau kalo mesti leveling dengan bener, akhirnya saya berpikir untuk membuat sesuatu yang otomatis, yaitu BOT. Singkatnya dengan membuat BOT saya gak perlu capek2 leveling, tinggal nyalain BOT, trus tinggal tidur, sekalinya udah bangun tidur, level pokemon udah tinggi😀. Gugling2 akhirnya dapet informasi buat bikin BOT ada yang namanya AutoIt. Akhirnya sempet pending maen pokemon gara2 baca AutoIT. Sebenernya gak terlalu susah, tapi juga gak gampang2 amat buat bikin BOT. Intinya kita mesti tau tampilan apa yang nongol setiap kita melakukan penekanan tombol tertentu. Sayangnya saya memutuskan gak jadi bikin BOT-nya (mungkin kapan2 saya mau bikin contohnya). Setelah itu saya mikir masa bodoh lah tenaganya beda jauh, toh saya gak ikut turnamen, pokoknya level pokemon saya tinggi, lawan NPC mestinya tetep gampang.

Udah mikir kayak gitu, suatu saat saya baca2 walkthrough dan dapet caranya ngembangin pokemon yang pake rare candy, yeah, mantap. Maen punya maen saya menemukan pokemon yang namanya Abra, leveling2, akhirnya jadi juga Kadabra. Wow!! Sakti banget yang namanya Kadabra ini (tipe psychic emang paling mantap menurut saya), dan setelah dicek di-guide buat evolusi jadi Alakazam mesti ngelakuin trade. WTH!! Apaan tuh trade? Telusur punya telusur ternyata emulator yang saya pake itu gak bisa yang namanya trade. Akhirnya gugling2 lagi untuk kesekian kalinya (kalo dipikir2 sebenernya kalo dibandingin lama maen pokemon, sebenernya lebih lama total buat nyari2nya :p) untuk nyari cara buat nge-trade pake emulator yang saya punya, dan hasilnya nihil. Yang saya dapatkan justru emulator baru yang namanya VBALink, emulator yang bagus, selain bisa melakukan transaksi seperti trade, emulator yang ini ada yang namanya gameshark.

Hal yang terpikir oleh saya “file save-nya emulator saya yang sebelumnya bisa dipake atau tidak di VBALink.” Ternyata eh ternyata, file save di emulator yang lama gak bisa dipake di yang baru, dicoba berapa kali pun hasilnya nihil. Yasudah pake emulator yang lama aja akhirnya karena males mesti balik dari awal lagi, soalnya udah lumayan jauh juga maennya. Suatu saat gak sengaja denger yang namanya Mew Glitch, setelah baca2 soal Mew Glitch baca juga hal yang membuat saya tambah semangat maen pokemon, karena akhirnya saya bisa mendapatkan Alakazam yang notabene pokemon yellow yang sakti. Hal tersebut adalah Ditto Glitch, dengan menggunakan Ditto Glitch kita bisa encounter ama pokemon apapun. Apalagi level tersebut masih underlevel (level 7), jadi kita bisa milih2 moveset yang kita inginkan.

Sayangnya karena adanya kerjaan lain seperti ngerjain tugas KI akhirnya maen pokemon saya pending beberapa saat, dan berniat untuk meneruskannya waktu udah pulang kampong. Akan tetapi sekalinya udah pulang kampong akhirnya malah install emulator gameboy di hape. Sampe saya nulis postingan ini pun saya masih asik maen pokemon emerald di hape :p. Mungkin kalo ada yang berminat ntar saya upload installer-nya gameboy buat hape (yang OS-nya S60v3). Sekian aja, terima kasih😀

Categories: Celotehan, Game
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

