Archive

Archive for October, 2011

Kesalahan yang Umum Saat Membuat Code VHDL

October 20, 2011 13 comments

Kenapa saya menulis ini, karena tugas akhir saya menggunakan bahasa VHDL. Berhubung saya belum jago ngoding vhdl, pada saat saya mengerjakan tugas akhir saya terjadi banyak hambatan. Biasanya hambatan itu berupa error atau hasil yang tidak diingikan. Karena tidak menemukan sumber error akhirnya nyari di gugel cuman terkadang susah nyarinya. Disini saya lebih menekankan pada kesalahan yang masih umum dan pernah saya temui, entah saya atau teman saya yang mengalaminya saat ngoding vhdl menggunakan Quartus. Read more…

Categories: Tips, VHDL

Usagi Drop

October 12, 2011 2 comments
Categories: Anime, Recommended, Review

Install Package MP3-Tag dengan Perl Package Manager pada ActivePerl

October 12, 2011 1 comment

Perl mempunyai banyak pengembang package, dan kegunaan package tersebut juga sangat bervariasi misal saja MP3-Tag yang berguna dalam pembacaan dan penulisan ID3Tag. Pada postingan sebelumnya diperlukan package tambahan yaitu MP3-Tag. Bila kita menginstall ActivePerl, kita akan mendapatkan program yang berguna untuk mengatur package yang kita punya, yaitu Perl Package Manager. Bila kita menggunakan program interpreter lain, bisa kita lakukan dengan mendonlot source-nya terlebih dahulu, hanya saja cara itu tidak dijelaskan disini. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
Read more…

Categories: Perl, Tips

Program Pengedit Tag ID3v1 dan ID3v2 – Untuk 1 Folder Album

October 11, 2011 3 comments

Berkat request dari teman saya, maruplayground, dia pengen program yang ngedit tag ID3v1 ama ID3v2 di suatu folder, jadilah postingan ini. Mungkin suatu saat kita pengen mengumpulkan lagu mp3 untuk satu album artist tertentu yang kita sukai. Cuman karena gak bisa mendonlot satu album penuh, entah itu link-nya gak ada atau kelamaan nunggu donlotnya kalo langsung satu album, kita donlot lagunya satu per satu untuk satu album tertentu. Setelah mengumpulkan semua lagu satu per satu dan terkumpul satu album, kita dengan semangat mengkopikan lagu 1 album/folder tersebut ke hape atau iPod. Sayangnya karena kita donlot file mp3 tadi satu per satu, mp3 tag-nya (seperti nama artist, album, genre, year) tidak sama, dan terkadang ada yang tidak ada tag-nya sama sekali. Akhirnya ketika kita akan list per album atau artist misalnya di hape atau iPod, file-nya gak terkumpul.
Read more…

Categories: Code, Perl, Programming

5 Centimeters per Second

October 4, 2011 8 comments
Categories: Anime, Recommended, Review