Home > Game, Recommended, Review > Planetarian ~the reverie of a little planet~

Planetarian ~the reverie of a little planet~

“what do you think about the PLANETARIUM? That BEAUTIFUL twinkling of eternity that will never fade, no matter when. ALL the stars in all the SKY are waiting for YOU…”

Mungkin dari judul, quote, dan gambar di atas masih belum jelas apa yang sebenarnya ada di postingan kali ini, tapi kalo orang yang biasa nge-google dan langsung memasukkan judul ke search pasti akan tahu bahwa itu adalah nama judul game. Kemungkinan juga, jarang ada orang yang penasaran gambar siapa yang ada pada icon di wordpress saya ini. Kalo yang orang yang nge-google tadi ngebuka salah satu link, kemungkinan besar menyadari bahwa gambar icon wordpress saya berasal dari karakter pada game ini. Sebenarnya tidak bisa disebut game juga, lebih tepatnya Kinetic Novel, atau mungkin buat istilah yang lebih dikenalnya Visual Novel. Eits, mungkin banyak yang beranggapan wah jangan2 ini Visual Novel yang R18+ atau eroge, tapi jangan salah ini ratingnya everyone dan berbeda dengan Visual Novel yang biasanya terdapat percabangan jawaban. Disini kita cuman membaca dan membaca, dan sesuai dengan nama Kinetic Novel, ada gambar2 yang membantu kita untuk membayangkan dan juga beberapa gambar bergerak.

Sebelum saya bicara soal bagaimana isi ceritanya, saya mau ngomong soal gambar yang disajikan pada game ini. Yup dari gambar di atas tentunya kita tau kalo gambarnya tidak bisa dientengkan begitu saja walaupun game ini sudah lama banget keluarnya. Karakter cewek di atas yang ternyata bukan manusia ini layaknya gambar bishoujo (pretty girl) pada visual novel. Selain itu novel ini mempunyai sudut pandang orang pertama yang membuat kita menjadi karakter utamanya, hebatnya kita disini tidak digambar karakternya sehingga menurut saya, pembaca tidak harus cowok, terlebih lagi ini bukan dating sim, berbeda dengan game VN lainnya yang karakter utamanya tergambar tanpa diperlihatkan wajahnya (biasanya ditutup rambut, tapi bukan kayak setan tanpa wajah). Menurut saya sendiri selain gambar karakter, seperti gambar background atau scene yang lain pun bisa dibilang bagus.

Saya sendiri tau tentang game ini, tidak diberitahu orang lain, akan tetapi kebetulan saja, ketika saya mencari manga yang bagus di xtreme (buat yang gak tau xtreme, anggap saja web underground), tidak sengaja menemukan game ini pada directory yang posisinya di atas. Setelah saya install saya mendapati bahwa ternyata game ini diproduksi oleh Key, yaitu sebuah perusahaan yang memproduksi Visual Novel, dan salah satu VN yang terkenal adalah Clannad yang dibuat versi animenya (saya sendiri sudah pernah menulis review anime-nya di blog ini). Memang yang namanya novel, text yang mesti dibaca sangat banyak, akan tetapi semua itu terbayarkan dengan kepuasan setelah membaca novel ini sampai habis.

Bicara soal cerita, menurut saya, game ini adalah hasil yang sangat fantantis dari penulis ceritanya. Bagaimana dengan hanya dua buah karakter yang kita anggap hidup yaitu kita dan cewek tadi, bisa membuat cerita yang menyentuh di bagian akhir. Background ceritanya adalah suatu jaman setelah berpuluh2 tahun yang akan datang, setelah ada perang besar dan robot dimana2, manusia tersisa sedikit jumlahnya, saat terjadi hujan asam yang tiada hentinya, kita sebagai karakter utama bekerja sebagai junker, yaitu seseorang yang berkeliling ke kota2 yang telah mati untuk mencari sesuatu yang masih berguna dan bisa dijual. Suatu hari ketika kita yang digambarkan mempunyai karakter agak kasar ini masuk ke suatu gedung dan menemui sesosok beautiful young women yang akhirnya kita tahu bahwa sosok itu bukan manusia, dan menjaga suatu area yaitu planetarium. Untuk background story yang lebih lengkap bisa dibaca disini.

Dari background cerita seperti itu, kita kemudian diantarkan cerita tentang hal – hal yang ada pada di planetarium tersebut, interaksi dengan robot yang mempunyai perasaan seperti manusia, dan apa yang akan dilakukan oleh kita, setelah kita memutuskan untuk kembali bekerja dan meninggalkan tempat tersebut. Saya tidak ingin bercerita banyak karena saya ingin pembaca memainkan game ini sesempatnya, dan bermaksud agar saya tidak memberi bocoran tentang cerita akhirnya. Satu hal yang pasti, hal yang kecil pada awal cerita merupakan sesuatu yang sudah direncanakan untuk bagian akhirnya, jujur saja saya sendiri sampai “merinding” saat membaca bagian ending pada novel ini, dan ketika saya membaca novel ini untuk kedua kalinya dengan lebih serius dari yang pertama, jujur saja saya menangis karena terharu oleh bagian akhir novel ini, dan saya tidak malu mengakui hal itu😀. Akhir dari postingan ini saya cuman mau berkomentar bahwa Kinetic Novel ini akan sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi jika anda bisa dengan mudah untuk mendapatkannya, saya tidak terlalu berharap lebih agar dibuat adaptasi animenya karena takut adaptasinya tidak sebagus game-nya, terima kasih sudah membaca postingan kali ini.

Categories: Game, Recommended, Review
  1. November 3, 2011 at 2:50 pm

    Ouw, saya baru denger istilah kinetic novel… tahunya ya VN.😀

    Nah, satu2nya VN “normal” yang saya tahu (tapi belum pernah nyoba) ya CLANNAD.😀 Itu fenomenal banget sampe dibuat anime-nya. Itu anime menyedihkan banget, sampe saya nangis…😥

    Dan… maap ya, saya pun sampe saat ini beranggapan bahwa VN yang “biasa2 saja” itu gak seru, gak enak untuk ditonton. Bagi saya, untuk apa “baca” VN, paling hanya seperti mbaca novel biasa.😆

    Dan lagi, seperti yg tadi saya bilang, VN lain yang pernah saya “coba” ya yang ada unsur hentainya.😆 Itu menurut saya lebih baik.😆 #KenaGampar😆

    • November 3, 2011 at 7:58 pm

      emang bisa dibilang sama aja ama baca novel biasa, cuman terkadang di novel gambarnya gak sebanyak di VN, kalo menurut saya dengan VN kita lebih mudah membayangkan, misal saja gambaran karakternya, atau misal di game ini kita dikasih buket yang isinya sampah elektronik, nah kalo ada gambar kayak yang saya taruh di paling akhir kan kita gak perlu bayangin buket kabel bentuknya gimana, dan di game tempatnya kan planetarium, jadi dikasih simulasi bintang dsb, kalo di novel paling cuman bisa ditulis “banyak bintang indah yang bertebaran dan bersinar”, CMIIW😀
      kalo yang ada hentainya juga pernah maen cuman bentar aja, soalnya yang saya maenin ceritanya gak menarik, jadi males maennya😛

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

