Home > Manga, Recommended, Review > Shingetsutan Tsukihime

Shingetsutan Tsukihime

Sudah lama sekali saya gak membahas manga yang saya anggap bagus, sebenernya saya mulai nulis review manga dengan judul ini udah dari lama, cuman karena nulisnya Bahasa Inggris dan akhirnya gak maju2 yaudah saya putuskan jadi Bahasa Indonesia saja. Btw, banyak manga yang saya sukai hanya saja tidak saya bahas di blog saya karena manga tersebut masih On-going (masih belum tamat), jadi gak enak ngebahasnya. Back to topic, manga dengan 73+1 chapter ini saya baca karena saya nonton anime yang keluar di season Fall 2011 yang judulnya Carnival Phantasm. Anime tersebut bisa dibilang parody dari dua buah judul game diproduksi oleh Type-Moon yaitu Fate Stay Night dan Tsukihime, yang masing2 diadapatasi menjadi anime. Kebetulan saya belum nonton Tsukihime versi anime-nya, dan kata teman saya kurang bagus dan jauh lebih bagus versi manganya. Buat beberapa orang yang nonton Carnival Phantasm atau liat gambar di atas (yang saya ambil dari anime tersebut), mungkin ada yang penasaran baca/nonton Tsukihime karena ngeliat di anime parody tersebut  terlihat romance-harem. Tapi jangan kaget, buat yang tau Type-Moon, udah tau kalo sebenarnya cerita Tsukihime tidak seperti gambar pertama di atas dan ceritanya lebih serius, mungkin gambar cover manga volume 1 berikut ini bisa membentuk presepsi baru (credits gambar dari www.manga-sketchbook.org).

Abis liat cover di atas, ceweknya cakep  juga, cuman kok aroma2nya rada serem, wait a sec, lho jari di tangan kirinya ada cakar, ada rantai putus pula, trus yang lebih penting lagi ada gambar pisau di atas genangan darah. Setelah itu kita lihat 2 halaman chapter satunya

Suasananya gelap banget, dari dua halaman awal kita dapat berkesimpulan bahwa cerita dari manga ini akan berarah ke semi horror, tapi buat penggila cerita romance jangan memutuskan untuk tidak lanjut membaca dulu, karena menurut saya di manga ini romance-nya sangat terasa di bagian akhir, dan bisa membuat kita senyum2 sendiri pas membacanya, walaupun ada juga 2-3 halaman yang rada NSFW sih. Jujur saja waktu pertama kali saya membacanya saya tidak mengharapkan genre romance, berhubung saya emang lagi suka manga dengan genre semi2 horror seperti “Shingeki no Kyojin”, “Cage of Eden”, dan sebagainya jadi saya baca dengan santainya. Lepas dari mungkin gambarnya rada serem atau banyak darah, manga ini memiliki artwork yang bagus apalagi illustrator-nya berasal dari Type-Moon sendiri.

Cerita manga ini berawal dari seorang cowok yang memiliki kemampuan melihat garis2 yang “rentan” pada “benda” sehingga “benda” tersebut mudah untuk dipotong. Pada suatu ketika dia bertemu dengan seorang cewek yang membuat dia sangat berniat untuk membunuhnya. Cewek tersebut kemudian mati dan terpotong2 seperti gambar di atas, akan tetapi keesokan harinya dia bertemu dengan cewek tersebut dalam keadaan hidup. Akhirnya manga dengan salah satu karakter cewek yang ternyata vampire ini bercerita bagaimana hubungan cewek tersebut dengan tokoh utama, yang bekerja sama untuk membunuh vampire yang menjadi musuh cewek tersebut. Setting cerita yaitu terdapat bangsawan vampire yang tidak perlu meminum darah manusia, dan kalangan vampire kelas bawah berupa vampire jahat yang biasa kita tahu, dikemas cukup menarik. Semakin mendekati chapter akhir semakin banyak fakta2 yang mungkin belum kita tebak sebelumnya dan membuat cerita tidaklah se-simple awalnya. Tidak lupa scene2 yang romantis yang menyelingi di saat tensi sedang turun juga tidak jarang diberikan.

Bagaimana cerita selanjutnya, silahkan membaca sendiri😛. Lagipula hanya 73+1 chapter, dengan begitu cukup meluangkan sehari 3 chapter pun, gak nyampe sebulan manga ini udah abis dibaca. Kalo menurut saya sendiri manga ini menarik dan layak untuk dibaca, walaupun mungkin bukan termasuk manga yang sangat “wah”, tapi buat yang suka cerita romance sayang kalo melewatkan manga yang satu ini.

Categories: Manga, Recommended, Review
  1. November 14, 2011 at 4:46 pm

    Wauw, saya gak kenal manga ini.🙂

    • November 14, 2011 at 7:30 pm

      emang jarang ada yang tau sih, saya aja tau gara2 ada anime yang nge-parody-in, lagipula chapternya gak banyak dan langsung keluar per volume kalo gak salah

  2. December 5, 2011 at 7:56 pm

    akhirnya baca juga😀

    • December 6, 2011 at 5:44 am

      menurut awa ceritanya keren jg

      • December 21, 2011 at 3:53 pm

        Carnival Phantasm – EX Season mantap parodiin Tsukihime-nya, hahaha…😀

      • December 21, 2011 at 7:05 pm

        tapi emang Carnival Phantasm kocak sih😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

