Home > Game, Recommended, Review > Inotia 3

Inotia 3

Apa yang akan dibahas di postingan kali ini? Dari judul mungkin tidak banyak orang yang tau, cuman kalo sudah melihat kategori postingan ini, dapat diketahui bahwa postingan kali ini akan membahas game. Bukan game dari playstation, xbox, atau console yang laen, game ini dimainkan di handphone, lebih spesifik lagi untuk hape android atau juga iphone. Sebelum membahas game ini, saya sendiri kenal game ini semenjak adik saya mempunyai hape android, dan adik saya sangat getol donlot2 game dari market. Dari sekian banyak game yang ada di hape adik saya, game ini paling menarik perhatian saya. Tipe game ini sendiri lebih cenderung ke RPG, dan bagi yang udah biasa maen MMORPG misal Ragnarok, game macam ini sangat familiar, hanya saja game ini offline.

Game yang mirip dengan Ragnarok ini bercerita tentang seseorang pemuda yang ternyata merupakan “Chosen One”, yang bisa mengubah takdir dari dunia yang mungkin akan hancur karena beberapa villain. Seperti RPG pada mestinya, kita menjalankan quest baik yang utama ataupun quest sampingan, menaikkan level, mencari equip yang bagus, dan mengambil skill yang ingin kita build untuk membuat karakter kita makin sakti. Kita bisa memilih Job yang kita inginkan, pilihannya ada 6 yaitu Barbarian, Templar, Rogue, Shadow Hunter, Priest, dan Arc Mage.

Barbarian cenderung ke warrior yang buat adu pukul, bisa dibilang paling seimbang baik attack maupun defence. Templar cenderung ke warrior yang darahnya gede, defence paling bagus, punya skill heal walaupun cuman buat satu orang, dan punya skill damage area yang menurut saya lumayan keren. Rogue, sama kayak rogue di RO, job ini mengandalkan senjata fast seperti knife dan dagger dan critical damage, walaupun di game ini ditambahkan skill2 yang membuat poison. Shadow hunter punya penyuka karakter archer yang melakukan serangan dari jauh menggunakan senjata sejenis bow, terdapat skill conquer monster liar buat nebengin kita di depan, dan punya skill critical kayak rogue. Priest, seperti biasanya dilengkapi dengan skill heal area, dan skill yang support yang gila2an baik dari ningkatin persentase chance buat critical attack maupun yang lain. Mage, karakter yang punya skill damage area yang sakit punya skill summon golem di awal buat jadi tumbal di depan.

Secara umum game ini menarik buat saya, walaupun kadang quest-nya ngeselin soalnya NPC yang bikin “errand” pengen saya gaplok gara2 banyak permintaan yang kenapa gak sekalian aja. Untuk game dengan ukuran kira2 20 MB ini mempunyai monster2 yang cukup bervariasi walaupun cenderung banyak monster mirip yang hanya berbeda warna saja. Untuk animasi sendiri menurut saya sudah cukup bagus, untuk game hape tentunya saya tidak terlalu berharap lebih lagi, karena keterbatasan spek hape.

Game ini membutuhkan waktu yang amat banyak untuk menyelesaikannya, bahkan di saat saya merasa game ini sudah beres, setelah melawan God of Darkness dan kayak balik dari awal lagi, ternyata masih ada lanjutannya dan menurut sumber yang saya baca, itu baru setengah jalan, wow wow. Saat pertama kali saya maen, saya menggunakan rogue, dan suka sama karakter tersebut, setelah beberapa lama maen saya sempet gugling2 dan ada blog orang yang cerita kalo rogue ini mempunyai damage per second yang paling gede, dan cara build-nya mengoptimalkan skill hiding, mungkin lebih jelasnya silahkan baca sendiri.

Suatu saat terpikir oleh saya untuk mengulang game ini dari awal dan mencoba karakter yang lain, kali itu saya mencoba menggunakan karakter templar. Setelah saya liat list skill yang doi punya, ternyata keren2 juga, dan sekarang karakter templar yang sudah level 40-an ini enak sekali dipakai, sudah tebel, damage area-nya juga lumayan sakit, kalo mau jadi karakter yang di akhir sakit cara build templar-nya jangan yang tipe healer, jadi skill heal gak usah diambil juga gak apa2 soalnya ada karakter priest, kalo pas gak ada juga potion juga udah cukup, di belakang2 skill heal gak kerasa kecuali emang kita tinggiin skill heal-nya. Gedein skill Blade Enchantment, ambil Justice Cry, ama Holy Cry, di akhir2 bakal di combo ama skill Wrath of Heaven, Sword of Fury, sama Holy Wrath, sisanya bisa diambil skill defence, ambil aja skill stun satu kali aja, toh untuk beberapa level selanjutnya durasi stun-nya masih sama. Kalo ternyata memang rogue punya damage per second paling gede, tapi itu kalo musuhnya satu lawan satu. Templar enak buat lawan ramean berhubung defence-nya bagus tarik semua musuh, misal mondar mandir trus siap2 pake Sword of Fury, tarik semua pake Justice Cry, begitu deket keluarin Wrath of Heaven, bisa aja sekalian dikombo ama Holy Cry, pukul aja salah satu berharap skill pasif BE keluar + Holy Wrath, dalam beberapa saat banyak monster2 yang darahnya tinggal dikit. Templar sangat asik dipakai dan dengan adanya skill Justice Cry, quest dari hermit kepala ikan ngeselin bisa dilalui dengan mudah.

Itu tadi menurut saya aja sih, mungkin kalo mau build yang lain juga bisa, tapi ini yang paling menarik buat saya, kalo mau yang attack-nya bagus menurut saya, pake aja rogue, sementara mau yang defend ambil saja templar, karakter yang laen pun sebenarnya lumayan juga kok. Sebagai penutup menurut saya game ini sayang kalo dilewatkan, terutama buat orang2 yang suka game RPG seperti saya ini, tidak perlu repot2 leveling, toh quest-nya akan memaksa kita membunuh banyak monster. Semoga bermanfaat😀

Categories: Game, Recommended, Review
  1. January 9, 2012 at 6:53 pm

    kayaknya seru nih game, patut dicoba🙂

  2. January 11, 2012 at 10:49 am

    wah, aku ngga main game 😦

    • January 11, 2012 at 12:28 pm

      sebenernya lumayan lho, game bikin kita fun, tapi kadang bs juga bikin stress sih🙂

      • January 12, 2012 at 11:34 am

        bener, tapi kalo kalah aku mumet ha ha 😀
        ohya makasih ya setuju saling follow

      • January 12, 2012 at 11:51 am

        blog saya gak di-follow jg gak apa2, toh memang saya lg suka baca postingannya orang, gak berharap blog saya difollow balik kok😀

  3. January 11, 2012 at 12:30 pm

    Ini game iPad bukan sih?
    Adik saya ada tuh game RPG di iPad, tapi saya gak tahu apa judulnya.😦

    • January 11, 2012 at 12:51 pm

      kayaknya bisa juga dimainin di iPad deh, cuman kalo game RPG banyak jg selain game ini

  4. January 14, 2012 at 8:49 pm

    wihh, mskipun saya maniac game. tapi kyknya ga bakalan pernah mainin ini deh.
    soalnya ga puny hp android (apalai iphone)
    hihi

    • January 15, 2012 at 11:39 am

      kan ada emulator aplikasi android buat di pc windows kalo gak salah

  5. January 14, 2012 at 9:49 pm

    wah wah,, inotia terlalu time consuming, saya maennya Ghost War aja yang gampangan jadi cuma bentar maennya😛

    • January 15, 2012 at 11:42 am

      emang sih, makanya game ini dimaenin buat buang2 waktu misal pas lagi nunggu :p
      kalo ghost war belum sempet nyobain sih

  6. January 26, 2012 at 6:58 pm

    damn, androidku cupu, gak kuat gawe maen iki, super lemot.

    • January 26, 2012 at 10:44 pm

      kan di settingnya bisa dibikin low grafisnya🙂

  7. January 31, 2012 at 4:49 pm

    mungkinkah bakal ada versi java-nya.. haha
    ngimpi:mrgreen:

    • January 31, 2012 at 5:09 pm

      tunggu aja gan, barangkali ntar ada yang sempet bikin😀

  8. The Twilight Forever
    December 25, 2013 at 1:25 pm

    Gimana ya ,cara build skill arch mage yg ada combony ??

    • December 31, 2013 at 12:02 pm

      yg inotia 3 bukan? kalo inotia 4 bisa dikombo sama golem, kalo yang 3 kurang tau gan

  9. amri
    October 19, 2014 at 11:42 am

    aku level 65 aja gampang tapi apk nya mod money and gem

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

