Home > Anime, Recommended, Review > Cross Game

Cross Game

Akhirnya kesampaian juga nulis di blog tentang anime ini. Anime yang sudah pernah saya singgung di postingan saya yang sebelumnya ini memang merupakan salah satu favorit saya. Anime yang ditayangin di stasiun tv jepang sekitar tahun 2010 ini baru saya tahu beberapa bulan ini. Waktu itu teman kosan saya minta ke saya untuk download anime yang ceritanya bikinan Adachi Mitsuru. Saya yang jarang baca karyanya, yang cuman sekedar pernah denger seperti H2, atau baca 2-3 chapter manga judulnya Katsu, waktu itu bingung mau download anime yang mana. Sampai akhirnya di-google2 bentar dapatlah list Anime yang diadaptasi dari manga bikinan Adachi Mitsuru. Dari beberapa anime yang ada, sengaja saya liat masing2 ratingnya, dan akhirnya saya pilih anime yang satu ini untuk di download karena memiliki rating paling tinggi.

Kesan pertama waktu nonton awal2 episode pertama, sempat kaget karakternya masih kecil semua. Episode pertama yang sebenarnya hanya flashback ini langsung menarik perhatian saya. Padahal anime2 yang saya sukai jarang ada yang episode pertamanya bagus menurut saya, dan baru keliatan bagus di episode2 berikutnya, tapi anime ini langsung dengan mudahnya membuat saya berpikir kalo anime ini bener2 bagus. Saya yang awalnya tidak begitu tertarik dengan baseball, bisa menjadi tertarik setelah nonton anime ini. Anime ini bukan berisi mutlak tentang olahraga baseball, tapi ada komponen yang bagus dari komponen romance dan family. Mungkin manga/anime sports yang masih saya anggap komponen romance-nya bagus selain ini sebelumnya cuman Shoot!, baik Tsubasa, Eyeshield, dan yang lainnya sama sekali kurang untuk komponen selain sports-nya.

Anime dengan 50 episode ini bercerita tentang seorang cowok yang ingin mewujudkan impian cewek yang disukainya, yaitu berhasil mengikuti Koshien atau kejuaraan nasional sebagai wakil wilayah tertentu kalo disini Jepang khusus Tokyo bagian utara.  Walaupun mungkin pada awalnya sang tokoh utama tidak bermain baseball, karena ada alasan tertentu yang berhubungan dengan teman dekatnya. Suatu saat teman dekatnya menyadari kemampuan sang tokoh utama ini dan memintanya untuk maen baseball lagi. Tidak mudah untuk mewujudkan impiannya, bahkan banyak rintangan sampai akhirnya tokoh utama bisa maen baseball di pertandingan resmi, tapi seperti apa lebih baik anda menontonnya sendiri saja. Selain itu terdapat karakter heroine yang berperan penting di anime ini, dan membuat cerita pada anime ini tidak hanya berisi permainan baseball saja.

Peniliaian dari segi karakter2, sang pengarang cerita saya beri acungan jempol. Karakter yang ada di anime ini mempunyai ke-khas-an yang luar biasa, sehingga cerita menjadi lebih menarik. Keputusan pengarang untuk tidak membuat banyak karakter di permainan baseball sendiri sangat bagus, sehingga bisa terjamin konsistensi, dimana bila memang karakter tersebut hebat pada awalnya, karakter tersebut tidak terlihat melemah dengan seiringnya waktu. Banyak anime olahraga dimana waktu pertama kali bertemu suatu karakter terlihat sangat kuat/hebat, akan tetapi setelah berjalannya waktu terutama ketika tokoh tersebut menjadi teman protag, karakter tersebut menjadi terlihat lemah karena banyak tokoh yang ternyata jauh lebih kuat dibandingkan dia. Lagipula saya sangat suka sifat2 karakter di anime ini terutama karakter heroine-nya yaitu Aoba bener2 mantap, gak heran lah kalo banyak cowok yang suka sama dia, termasuk saya juga :p

Masih banyak yang pengen diomongin seperti BGM anime yang klop banget ama scene-nya, artwork yang sederhana tapi dengan penggambaran ekspresi wajah yang keren, dan lain2, cuman karena gak enak kalo postingannya kepanjangan dan takut malah gak terbaca semua jadi mesti ditutup disini. Sebagai penutup, anime ini bisa membuat saya tertawa, terharu, dan perasaan2 yang lain misalnya perasaan untuk mendukung sang tokoh utama, atau malah terbawa seakan menjadi tokoh utama dan merasakan apa yang dirasakan sesungguhnya. Anime yang membuat rekor ini sangat “worth it” buat ditonton sampai habis, karena menurut saya endingnya sangat bagus dan bisa diterima. Pesan terakhir menurut saya, kapan lagi bisa nonton confession paling bagus di anime, dan karakter “tsundere” paling keren yang pernah ada. Terima kasih sudah membaca😀

Categories: Anime, Recommended, Review
  1. February 12, 2012 at 1:51 pm

    tampaknya seru yaaa …mulai suka nih kayaknya😀

    • February 13, 2012 at 1:34 am

      kalo menurut saya sih seru bgt ceritanya

  2. February 22, 2012 at 11:04 am

    ngga tau deh, aku bakal suka ngga ya? 🙂

    • February 23, 2012 at 9:10 am

      kalo kata temen2 saya yang udah saya kasih film-nya sih, katanya bagus😀

  3. October 25, 2012 at 12:43 pm

    bagus bro bagus hahaha

    • October 25, 2012 at 9:19 pm

      ini nih salah satu orang yang udah nonton juga :))

  4. Rahmi
    February 1, 2014 at 11:33 am

    tentang baseball bacanya cuma H2
    tapi ini jg ra me😛😛 kasih link download gratisnya dong

  5. Osirisia
    March 18, 2014 at 10:58 pm

    bagus babnget bro. Serius!
    gue salah satu fans manga satu ini dari mulai komik, sampai animasinya. Keren!
    bikin nangis, deg2an, smpai senyum sendiri nontonnya. Cakep deh pokoknya!🙂

    • March 19, 2014 at 11:21 am

      iya bener banget, emang bagus banget😀

  1. March 21, 2012 at 12:15 pm
  2. December 17, 2012 at 11:29 am
  3. December 18, 2012 at 3:44 pm

Leave a Reply

