Home > Anime, Recommended, Review > Spirited Away

Spirited Away

Berbeda dengan anime terakhir yang saya bahas di blog ini, anime yang satu ini termasuk anime yang lumayan dikenal oleh orang banyak. Hal ini dapat dikarenakan oleh bagusnya rating anime ini, masuk di 30 besar pada myanimelist.net maupun top 250 imdb.com. Anime yang berupa movie satu episode ini bercerita tentang pengalaman dari sang tokoh utama yang bernama Chihiro, yang nantinya dikenal dengan Sen di dunia “arwah”. Setau saya sendiri spirited away sendiri mempunyai artian bahwa diri kita terlempar ke dunia lain, dan disini sang tokoh utama berusaha agar dapat kembali ke dunia asalnya, karena dia bersama keluarganya telah masuk ke dunia yang lain.

Cerita yang berawal dari rasa ingin tau dan kerakusan yang kelewat besar dari orangtua tokoh utama ini, membuat saya kesal pada awalnya, dan membuat Chihiro (tokoh utama) yang menanggung semua kesalahan tersebut. Lebih lagi hanya dia yang bisa berusaha agar keluarganya kembali ke dunia nyata. Penggambaran karakter Chihiro menurut saya lumayan bagus, dimana Chihiro yang tidak tau apa2 dan mungkin awalnya anak yang manja ini berubah menjadi sosok yang mandiri, dan bekerja di setting lokasi berupa pemandian air panas untuk arwah. Disaat Chihiro atau Sen ini terlihat tidak bisa melakukan apa2, ada karakter hantu, yang tidak jelas apakah dia baik atau buruk pada awalnya, membantu Sen sehingga sang tokoh utama melakukan sesuatu yang dibanggakan.

Anime yang berdurasi 2 jam ini menurut saya terlalu mampat di bagian akhir, menurut saya akan lebih baik jika anime ini sedikit lebih lama. Kenapa saya bilang begitu, hal ini karena dari tempo kehidupan di alam “lain” yang tampak baik dan belum ada cara untuk kembali ke dunia nyata, tiba2 setelah suatu event, sang tokoh utama mendapat kesempatan untuk kembali ke dunia nyata. Walaupun mungkin hal tersebut bisa saya terima, tapi event tersebut membuat satu karakter menjadi tidak jelas, yaitu kembaran dari nenek sihir. Mengapa mereka bisa bermusuhan? Dan masih banyak pertanyaan yang lain untuk saya sendiri.

Disini saya tidak bisa menilai secara objektif bagaimana kualitas gambar maupun suara atau BGM dari anime ini. Hal tersebut dikarenakan anime ini dibuat sudah beberapa tahun lalu (lebih tepatnya tahun 2001), sehingga saya tidak bisa membandingkannya dengan kualitas dari anime jaman sekarang. Walaupun begitu, menurut saya, unsur gambar dari anime ini termasuk bagus untuk di jamannya. Dengan melihat bagaimana kedetilan dari gambar, baik dari kerutan wajah sampai background yang tidak asal2an tentunya, sudah bisa dibilang sang artist bersungguh2 dalam menggarap anime ini.

Dari segi karakter yang ada di anime ini rasanya masih lumayan, kenapa saya bilang begitu, hal ini dikarenakan ada karakter yang menurut saya kurang pas, yaitu karakter utama laki2 yang membantu Sen dari awal. Mungkin jika masa lalu tokoh tersebut tidak seperti itu,  akan lebih menarik untuk saya walaupun membuat sedikit bisa ditebak. Akan tetapi kekurangan tersebut bisa ditutupi dengan karakter Chihiro yang natural dan menonjol.

Mungkin tidak banyak yang bisa saya ceritakan mengenai anime ini, kesimpulannya, anime ini memang bagus meskipun menurut saya anime ini bukan anime yang wah. Ketidakpuasan melihat ending yang kurang cocok di hati saya karena banyak hal yang masih belum jelas, mungkin menjadi salah satu faktor utama. Tapi, hal itu kembali ke pribadi masing2, soalnya salah satu teman saya ada yang amat suka dengan anime ini. Bagaimanapun anime ini layak untuk ditonton saat kita luang😀

Categories: Anime, Recommended, Review
  1. July 23, 2012 at 11:44 pm

    Dan aku gak paham kenapa anime ini bisa masuk top 250 IMDB. Rasanya masih banyak anime-anime lain yang lebih bagus. Tapi mungkin karena voter IMDB kebanyakan orang barat, dan kebetulan anime ini bisa dikenal lebih luas ama orang barat, makanya ratingnya bisa tinggi.

    • July 24, 2012 at 4:45 am

      kalo itu gak tau, tp kalo awa liat jg voters nya gak trlalu banyak jg sih, bs aja yg ngevote emg orang2 yg suka, lgpl balik lg ada faktor bahwa itu anime di tahun 2001

  2. Rahmi
    February 1, 2014 at 11:43 am

    kalo buat saya wah sih

  3. Iftikar4
    October 22, 2014 at 10:41 pm

    keren kok…….
    kalo zaman gw anime ini endingnya buat terharu…
    tapi memang terasa beda kalo ditonton lagi pas 2014-an

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: