Home > Anime, Recommended, Review > Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann

Jujur aja saya nonton anime ini karena pada saat itu gak ada anime yang lain yang ingin saya tonton, dan banyak rekomendasi dari temen kalo ini adalah anime yang bagus. Setelah ditonton bagian awal, hasilnya wow, jujur aja bukan kaget positif, tapi negatif, komentar awal saya adalah ini anime apaan sih, anime buat anak kecil? Dari kekuatannya tuh, tiba2 sakti gak jelas dan bisa gini dan bisa gitu. Pace atau mungkin lebih cocok tempo saya nonton anime ini pun lambat, paling sehari cuman satu episode, dan terus saya tonton pun karena saya liat rating di myanimelist pun tidaklah rendah. Hasil vote dari 94630 orang dan menghasilkan angka 8.88 tentunya bukan maen2, melihat jumlah orang yang memberikan vote tersebut. Setelah saya paksa untuk nonton, akhirnya turning point pun muncul, dimana dari cerita yang menurut saya gak jelas, entah itu kekuatan darimana dan kenapa bisa gitu, tiba2 ada scene yang bagus menurut saya. Hal itu terjadi di sekitar episode 7-10, dan disana terjadi event yang menurut saya event besar yang jujur saya tidak duga2, hal apakah yang terjadi silahkan untuk dilihat sendiri, karena saya tidak ingin memberikan bocoran.

Semenjak event tersebut, tiba2 saya langsung rajin menonton anime ini, dari mungkin rata2 tiap hari 1-2 episode, menjadi empat atau lima kali lipatnya. Sampai di suatu episode dimana ketika semuanya berakhir dan seperti akan tamat (animenya beres), turning point kembali terjadi, bukan cerita kembali menjadi jelek, akan tetapi cerita semakin menarik. Hal tersebut sampai menjadi state dimana saya ingin menyelesaikan anime tersebut pada hari itu juga. Mungkin sedikit spoiler atau bocoran, hal tersebut disebabkan terjadinya sesuatu yang biasa disebut plot twist, dimana sesuatu tidak berjalan seperti yang kita duga, cerita belum selesai dan seperti plesetan Captain Tsubasa, pertandingan baru saja dimulai.

Sebelum saya ngoceh tentang grafis ataupun sound disini, apa yang bagus dari anime ini adalah banyaknya pesan moral. Banyak nilai yang bisa kita ambil, tapi tentunya bukan masalah drill power yang gak jelas dan tidak ada batasnya yang sering digembar-gemborkan di anime ini, tetapi perjuangan untuk memperoleh kebebasan. Banyak pesan yang dikatakan oleh beberapa karakter disini, kerja keras, dan percaya pada diri sendiri tentunya adalah hal yang positif. Bagaimana karakter utama bangkit dari keadaan yang sangat buruk, bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya, dan berani mengakui bahwa hal yang dilakukannya adalah salah, dapat kita ambil sebagai pelajaran. Mungkin sebelumnya, semua yang saya bahas adalah hal positif, bukan berarti tidak ada kekurangan. Menurut saya bagian dimana terjadi sesuatu yang ajaib dan gak jelas asalnya, yaitu spiral power, membuat anime ini menjadi aneh, yang justru banyak orang menyebutnya sebagai EPIC.

Mungkin tidak banyak komentar saya soal animasi ataupun sound pada anime ini. Kalau boleh saya membahas komponen sound terlebih dahulu, mungkin karena saya tidak menggunakan speaker yang bagus, BGM yang saya rasakan tidak begitu membuat saya terkesan, walaupun mungkin BGM pada saat momen penting cocok dan membantu suasana. Untuk opening dan ending theme saya gak mau komentar banyak, soalnya saya gak terlalu suka dengan style lagu yang dipakai. Untuk artwork atau animasinya sendiri, menurut saya lumayan di akhir, walaupun di awal konsistensi gambar sangat kacau, kadang bagus, kadang ancur dan gak jelas gambarnya. Menurut saya terlalu banyak fs alias fanservice dari karakter heroine yoko terlalu berlebihan, dan justru membuat anime ini terlihat NSFW, yang seharusnya tidak.

Untuk bagian ending/akhir cerita dari anime ini, menurut saya cukup bagus dan bisa diterima. Walaupun mungkin pengantar ke bagian akhir cerita menurut saya absurd dan sangat gak jelas (entah kenapa banyak orang malah nyebut bagian tersebut EPIC). Padahal menurut saya bagian tersebut gak enak buat ditonton, tapi mungkin saja orang lain justru melihat hal tersebut keren, tapi selera orang beda2 jadi ya terserah saja, no offense. Lebih lagi, selain endingnya bisa diterima, menurut saya anime ini ditutup dengan beberapa scene yang memukau dan mengesankan.

Overall, menurut saya. anime ini adalah salah satu anime terbaik sepanjang masa, lepas dari bagian yang orang lain sebut EPIC yang justru menurut saya aneh. Jujur saya saya melihat anime dengan 27 episode ini mempunyai pengarang cerita yang berbeda2 di setiap bagian, misal bagian awal adalah pengarang A dimana menurut saya ceritanya aneh, kemudian di atas episode tujuh saya melihat pengarangnya ganti menjadi pengarang B yang menurut saya cukup bagus dia membuat alur cerita, dan menjadi pengarang C di episode dimana musuh utama sudah ganti, dan bagian disini yang paling bagus ceritanya menurut saya. Pada bagian menjelang akhir cerita pengarangnya berubah lagi menjadi pengarang A dimana ceritanya udah gak jelas dan banyak hal2 yang absurd, dan kemudian ditutup oleh pengarang C sehingga anime ini berakhir bagus. Mungkin hanya ini yang saya bahas mengenai anime ini, yang jelas anime ini layak untuk ditonton di waktu senggang, dan tentunya merasakan sesuatu yang EPIC dari anime ini :p

Categories: Anime, Recommended, Review
  1. October 13, 2012 at 9:02 am

    wah, kaka kasih yisha link downlotnyaaaaa……..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

