Archive

Archive for the ‘Programming’ Category

Program pksd.pl – Untuk Membantu Pembuatan S-Graph

October 2, 2013 4 comments

Berhubung pada postingan sebelumnya berisi tentang source code program, sekalian saja pada postingan berikutnya tentang program juga :D. Progam yang akan saya share berikutnya berhubungan dengan suatu kuliah di sekolah saya yang bernama “Perancangan dan Keterujian Sistem Digital”. Nah pada akhir kuliah ini diberikan suatu proyek akhir berupa pengujian terhadap rangkaian benchmark ISCAS’89 yang berupa rangkaian sekunsial dengan menggunakan komponen DFF. Read more…

Categories: Perl, Programming, Tips

UDP Transfer File Socket dengan Bahasa C

September 18, 2013 9 comments

Wah, terakhir posting di blog kayaknya udah setahun yang lalu. Sebenernya udah dari beberapa bulan yang lalu pengen posting, cuman gak kesampaian gara2 ada kesibukan yang lain, malah akhirnya ide posting pun hilang. Misalnya postingan ini sebenernya udah pengen ditulis dari tahun kemaren. Langsung saja ke topik utama, kali ini yang akan saya share adalah source code program yang melakukan transfer file dengan menggunakan UDP. Karena pengiriman menggunakan UDP, digunakan checksum untuk melakukan pengecekan apakah file yang diterima client sempurna (sesuai yang dikirimkan server). Yang akan di-share disini adalah source code server maupun client-nya. Secara garis besar bagaimana program ini berjalan bisa dilihat di comment yang ditambahkan di source code. Semoga cukup jelas, kalau ada pertanyaan, jangan segan2 untuk bertanya 😀 Read more…

Categories: C, Programming

Contoh Program Perhitungan Matriks dengan C++

May 8, 2012 4 comments

Beberapa kali saya sudah pernah menjadi asisten laboratorium untuk praktikum Arsikom (Arsitektur Komputer) di kampus saya. Suatu ketika saya baca2 modul praktikum, ternyata ada bagian yang tidak terbaca oleh saya. Pada versi modul yang saya punya ada pada “Modul 2 – Pointer dan Array” di paragraf terakhir pada modul tersebut (di punya saya halaman 18), disana tertulis:

/*
Jika anda menyukai tantangan, walaupun praktikum ini fokusnya pada C dan bukan C++, anda boleh membuat matriks sebagai objek di C++ dan meng-overload operator +, -, *, dan / pada objek tersebut untuk menggantikan fungsi-fungsi di atas. 🙂
*/

Read more…

Categories: C, Code, Programming

Contoh Program Menggunakan JComboBox dan JList

April 21, 2012 7 comments

Beberapa hari yang lalu saya mencoba untuk membuat program yang mempunyai tampilan sedikit dinamik. Dalam hal ini misalnya untuk ComboBox, ketika kita memilih salah item, ComboBox yang lain berubah isinya menyesuaikan pilihan dari ComboBox yang pertama. Begitu juga dengan saat dilakukan pemilihan pada List yang menggunakan JList langsung ada perubahan pada tampilan misal saja label tanpa perlu menekan tombol button tertentu. Intinya keduanya bekerja mirip seperti event onchange pada javascript. Sekalian saja saya posting dua program sederhana yang saya buat untuk mencoba fitur tersebut. Read more…

Categories: Java, Programming, Tips

Contoh Program Untuk Membaca Text File

April 3, 2012 5 comments

Beberapa hari yang lalu saya perlu membuat program yang membaca suatu file text dengan bahasa Java. Hanya saja karena udah lama gak menggunakan bahasa Java untuk membaca file text, akhirnya saya perlu gugling2 lagi karena udah lupa sama class dan method-nya. Udah gitu sekalian saja saya tampilin potongan program untuk membaca file text disini. Sebelumnya, kalo saya sendiri, membaca file itu dibutuhkan untuk mendapatkan konfigurasi atau database yang berupa text, misal saja database user seperti file passwd pada Unix OS. Nah, dalam postingan kali ini misal saja saya ingin membaca file tes.txt yang isinya sebagai berikut ini: Read more…

Categories: C, Code, Java, Perl, PHP, Programming

Menggambar Grafik pada Java GUI

January 16, 2012 Leave a comment

Berhubung beberapa waktu yang lalu saya sempet diminta tolong untuk bikin grafik pake bahasa Java. Waktu saya yang emang belum bisa bikin, tentunya google adalah senjata yang paling sakti, setelah cari mencari, ternyata susah juga, mungkin karena saya yang masih lemah ilmu google-nya entah emang link yang didapatkan gak ada yang cocok dengan keinginan saya, saya mencari contoh program yang membuat grafik beserta penjelasannya. Walaupun begitu ada beberapa link yang sedikit sesuai dengan keinginan saya. Untungnya saya install netbeans yang ternyata sangat membantu saya sehingga saya berhasil membuat grafik dengan auto-completion-nya sehingga mengenali method2 yang bisa digunakan. Read more…

Categories: Java, Programming, Tips

IDManga.pl v0.02X

December 16, 2011 10 comments

Berkat masukan dari mastah Ariobw, muncullah versi 0.021 dan 0.022 dari IDManga.pl, pada versi pertama terdapat keterbatasan yang tidak mengenakkan. Apabila pengguna menggunakan proxy, maka user harus memasukkan konfigurasi proxy berulang2 setiap kali mau mendownload beberapa chapter. Terlebih lagi kita harus menjalankan program lagi dari awal kalo kita mau donlot borongan beberapa chapter. Di versi 0.02X, kita bisa memasukkan banyak link, cuman cara memasukkan input masih sama seperti dulu, yaitu memakai wildcard. Read more…

Categories: Manga, Perl, Programming