Archive

Archive for the ‘Code’ Category

Contoh Program Perhitungan Matriks dengan C++

May 8, 2012 4 comments

Beberapa kali saya sudah pernah menjadi asisten laboratorium untuk praktikum Arsikom (Arsitektur Komputer) di kampus saya. Suatu ketika saya baca2 modul praktikum, ternyata ada bagian yang tidak terbaca oleh saya. Pada versi modul yang saya punya ada pada “Modul 2 – Pointer dan Array” di paragraf terakhir pada modul tersebut (di punya saya halaman 18), disana tertulis:

/*
Jika anda menyukai tantangan, walaupun praktikum ini fokusnya pada C dan bukan C++, anda boleh membuat matriks sebagai objek di C++ dan meng-overload operator +, -, *, dan / pada objek tersebut untuk menggantikan fungsi-fungsi di atas. 🙂
*/

Read more…

Categories: C, Code, Programming

Contoh Program Untuk Membaca Text File

April 3, 2012 5 comments

Beberapa hari yang lalu saya perlu membuat program yang membaca suatu file text dengan bahasa Java. Hanya saja karena udah lama gak menggunakan bahasa Java untuk membaca file text, akhirnya saya perlu gugling2 lagi karena udah lupa sama class dan method-nya. Udah gitu sekalian saja saya tampilin potongan program untuk membaca file text disini. Sebelumnya, kalo saya sendiri, membaca file itu dibutuhkan untuk mendapatkan konfigurasi atau database yang berupa text, misal saja database user seperti file passwd pada Unix OS. Nah, dalam postingan kali ini misal saja saya ingin membaca file tes.txt yang isinya sebagai berikut ini: Read more…

Categories: C, Code, Java, Perl, PHP, Programming

IDManga.pl – Program Untuk Download Manga

December 11, 2011 7 comments

Buat beberapa penikmat manga seperti saya, merasakan bahwa mendownload manganya lebih enak daripada mesti baca online, karena sekalian bisa jadi koleksi. Cuman kalo dari mangareader seperti “batoto.com”, tentunya kita males untuk “Save Image As…” satu per satu. Saya yang biasanya pake DomDom Soft versi free pun tidak bisa download di “batoto.com” soalnya versi free gak bisa milih link dari batoto.com (mesti beli versi full). Tentunya pilihan pun jatuh kepada IDM alias Internet Download Manager yang mempunyai fasilitas untuk “Batch Download”. Dengan fasilitas tersebut kita bisa download manga dengan sesuka hati. Akan tetapi, tau sendiri lah kalo IDM bukan software gratisan yang bisa sembarangan orang punya (entah beli, entah dapet crack-nya :D). Read more…

Categories: Code, Manga, Perl, Programming

Tutorial, Mari Belajar VHDL Secara Singkat (2)

November 1, 2011 6 comments

Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan garis besar dalam membuat code dengan bahasa VHDL. Tentunya latihan merupakan hal yang paling utama, tidak bisa dengan hanya membaca teorinya saja, oleh karena itu di postingan kali ini akan saya beri contoh rangkaian sederhana. Akan lebih baik jika kita mencoba membuat code-nya sendiri terlebih dulu, baru nanti dicocokkan apakah intinya sama dengan code yang ada pada postingan ini. Rangkaian sederhana tersebut adalah sebagai berikut ini:

Read more…

Categories: Code, Programming, VHDL

Tutorial, Mari Belajar VHDL Secara Singkat (1)

November 1, 2011 6 comments

Tanpa saya duga ternyata ada satu-dua hasil search yang intinya ingin tau tentang bahasa VHDL di hasil statistik blog saya. Sekali lagi saya merasa bersalah karena setelah membuka link ke blog saya ini ternyata tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan yaitu tutorial tentang bahasa VHDL. Walaupun saya belum jago dalam menggunakan bahasa ini juga, mungkin tidak banyak yang bisa saya tulis disini, dan mungkin hanya garis besarnya juga. Read more…

Categories: Code, Tips, VHDL

Program Pengedit Tag ID3v1 dan ID3v2 – Untuk 1 Folder Album

October 11, 2011 3 comments

Berkat request dari teman saya, maruplayground, dia pengen program yang ngedit tag ID3v1 ama ID3v2 di suatu folder, jadilah postingan ini. Mungkin suatu saat kita pengen mengumpulkan lagu mp3 untuk satu album artist tertentu yang kita sukai. Cuman karena gak bisa mendonlot satu album penuh, entah itu link-nya gak ada atau kelamaan nunggu donlotnya kalo langsung satu album, kita donlot lagunya satu per satu untuk satu album tertentu. Setelah mengumpulkan semua lagu satu per satu dan terkumpul satu album, kita dengan semangat mengkopikan lagu 1 album/folder tersebut ke hape atau iPod. Sayangnya karena kita donlot file mp3 tadi satu per satu, mp3 tag-nya (seperti nama artist, album, genre, year) tidak sama, dan terkadang ada yang tidak ada tag-nya sama sekali. Akhirnya ketika kita akan list per album atau artist misalnya di hape atau iPod, file-nya gak terkumpul.
Read more…

Categories: Code, Perl, Programming

Memanfaatkan Tag Audio dan Video pada HTML5

September 29, 2011 9 comments

Kapan hari teman saya yang punya blog maruplayground tanya ke saya bagaimana melakukan embed file audio di wordpress biar gak perlu menggunakan youtube. Nah, disini saya mau ngebahas bagaimana caranya untuk membuat web yang bisa memutar lagu ataupun video, walaupun temen saya itu sekarang udah lebih jago dalam ngembed audio ama video. Mungkin masih ada beberapa orang yang belum tau tentang HTML5, dengan HTML5 kita dengan bisa dengan mudah memasukkan mp3 ataupun video ke web kita tanpa perlu membuat object terlebih dahulu dan tanpa menggunakan plugin. Di HTML5 ada tag baru yaitu <audio> dan <video>, mungkin bagi pengguna wordpress pernah pengalaman nulis blognya bukan di bagian Visual tapi di bagian HTML udah biasa ngeliat tanda “< >”, itu yang biasanya disebut tag. Read more…

Categories: Code, HTML, Tips